Rabu, 16 Januari 2013

PENGUKURAN BEDA TINGGI PROFIL MEMANJANG DAN MELINTANG UNTUK PEMUKTAHIRAN LEGER JALAN


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Jalan raya merupakan suatu landasan yang bertujuan untuk melewatkan lalu lintas dari suatu tempat ke tempat yang lain. Jalan mempunyai peranan penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, sosial, budaya dan stabilitas nasional, serta upaya pemerataan dan penyebaran pembangunan. Dalam pembuatan jalan maupun pembangunan diperlukan suatu pengukuran beda tinggi agar dapat diketahui perbedaan tinggi dan rendah permukaan tanah.
 Pemerintah Indonesia melalui U.U No. : 38/2004 tentang jalan, telah menekankan akan kewajiban melakukan pembinaan kearah profesionallisme dalam pengelolahan jalan baik di daerah maupun di pusat. Penulis yang sekarang aktif sebagai mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Indo Global Mandiri merasa tertarik untuk mengetahui lebih dalam bidang pengukuran beda tinggi profil memanjang dan profil melintang, pengolahan data, dan penggambaran. Sistem Akademik Perkuliahan mengharuskan setiap mahasiswa melaksanakan praktek kerja lapangan ( PKL ).
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis menulis laporan Kuliah kerja lapangan (KKL) dengan mengambil objek pengukuran beda tinggi di kota pangkal pinang, dengan mengambil judul laporan Pengukuran Beda Tinggi Profil Memanjang dan Melintang untuk Kelengkapan Leger Ruas Jalan Batas Kota Pangkal Pinang – Sungai Liat Provinsi Bangka Belitung.

1.2     Ruang Lingkup Pembahasan
            Pengukuran beda tinggi dilakukan dalam beberapa tahap pekerjaan yaitu sebagai berikut :
1.      Pengukuran di lapangan
Pengukuran dilakukan langsung di lapangan yang bertempat di batas kota Pangkal Pinang – Sungai Liat
2.      Proses pengumpulan data, mencakup :
a.       pengukuran profil memanjang
b.      pengukuran profil melintang
3.      Proses pengolahan data, mencakup :
a.       menghitung beda tinggi
b.      menghitung jarak
c.       menghitung elevasi
4.      Penggambaran
1.3  Tujuan dan Manfaat Penulisan
Tujuan penulisan membuat laporan kuliah kerja lapangan yang berjudul Pengukuran Beda Tinggi Dengan Profil Memanjang dan Melintang Untuk Kelengkapan Leger Ruas Jalan Batas Kota Pangkal pinang – Sungai liat adalah Untuk menentukan beda tinggi dari suatu titik yang sudah diketahui ketinggiannya dengan titik lain yang belum diketahui ketinggiannya.
Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari hasil kerja praktek yang telah penulis lakukan di ruas jalan batas kota Pangkal Pinang – Sungai Liat  adalah untuk mengetahui beda tinggi pemukaan tanah dan dapat mengolah hasil pengukuran dan penggambaran.
1.4  Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dilakukan selama 24 hari terhitung dari tanggal 18 Oktober sampai dengan 29 Oktober di Batas Kota Pangkal Pinang – Sungai Liat. Kegiatan ini dilakukan selama 12 hari yang meliputi pengukuran, penggambaran sketsa, dan pengumpulan data di lapangan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar